Thursday, October 13, 2011

Browsers

Mozilla Firefox

Awalnya Saya biasa menggunakan Internet Explorer pada waktu Saya belum mengenal jenis-jenis browser, Tak kala kemudian teman Saya yang hobby browsing mengenalkan tempat untuk internetan yang keren dan bagus. Dan Saya pun mencoba browser tersebut, agak canggung sich yang biasanya buka beberapa IE untuk internetan ini malah bisa membuka beberapa tab dalam satu browser. Lama kemudian browser yang Saya pakai digunakan juga semua orang bahkan warnet-warnet juga. Seiring waktu Mozilla memperbaharui fitur-fitur pada Mozilla, Semenjak Saya bekerja untuk membuat web, Saya sering memakai browser ini. Selain mudah dan cepat Firefox mempunyai banyak fitur contohnya : Firebug, HTML Tidy,juga Tema. bahkan sekarang ada untuk web developer yaitu FireFTP. Saya bilang hebat soalnya FTP hanya menggunakan OS untuk memakainya, tetapi ini berada dalam browsernya sekaligus...hmmm.
Tak hanya itu Firefox juga mengikuti era jaman bahkan untuk Saya pribadi ada Style yang kebanyakan support pada browser ini. Jadi Saya anggap browser ini cocok untuk web developer, walaupun ada seringkali yang tidak support, sehingga ada baiknya untuk menggunakan browser lain.


Safari & Chrome

Kenapa Saya kaitkan Safari dengan Chrome?, karena engine mereka adalah sama. Hanya saja Safari jarang didengar ketimbang Chrome. Safari dibuat oleh Apple.inc dan Chrome dibuat oleh Google.inc. Google disini lebih banyak digunakan yang sering kita dengar bahwa Chrome cepat!. Saya kurang tahu Chrome dilengkapi apa yang jelas engine mereka sama. Safari disini adalah browser yang efisien dan simple untuk para pengguna, tetapi kalau Saya pribadi hanya digunakan untuk mengecek pada saat pembuatan web saja. Chrome disini mulai diminati oleh para user dan web developer karena adanya fitur baru yang hampir sama dengan Firefox, karena logonya penuh dengan warna dan warna tersebut diambil dari warna Google jadi sudah terlihat dan Safari adalah browser baku yang digunakan Mac OS / iOS.



Internet Explorer & Maxthon

 
Lho? kok dikaitkan lagi?. Memang selain Safari dan Chrome ada juga yang engine-nya sama. Sama halnya seperti Safari yang kurang didengar ketimbang Chrome disini juga ada yang kita jarang dengar ketimbang Internet Explorer ( IE ) yaitu Maxthon yang dibuat oleh negara Cina, atau kita sebut jga Maxthon adalah costumize dari IE. Maxthon mempunyai fitur dua monitor jadi bisa melihat 2 tampilan dalam satu browser. Dulu Saya menggunakannya untuk internetan tetapi engine Maxthon sama, jadi tidak menggunakannya lagi.


Opera


Hmmm..Opera. Opera merupakan browser yang elegant ( Saya bilang ) dari kebanyakan browser lain, Browser ini lebih dominan untuk user, fitur disini dibuat se-efisien mungkin yang memungkinkan si user nyaman pada saat surfiing internet, makanya dibuat juga untuk via mobile yang bernama OperaMini. Opera disini browser yang pertama kali dibuat untuk semua jenis mobile.



Demikian Saya menjelaskan mengenai Browser yang sering saya temui, sebenarnya banyak jenis browser yang lain tapi hanya ini yang saya mungkin sedikitnya dapat menyimpulkannya.

Wassalam... Trim's

2 comments:

Unknown said...

chrome emang lebih cepet sih, tapi beberapa fitur firefox masih saya butuhkan, jadi masih pake keduanya. :D

Ada event buat para blogger nih, hadiahnya Samsung Galaxy ACE dan uang tunai.

Rasyid said...

@Teguh Kurnaen
kalo saya malah hampir semua dipake hahaha...